Tuesday, July 31, 2012

Keutamaan Orang Yang Bertaqwa

Berhubungan masih di bulan suci ramadhan maka artikel kali ini masih membahas tentang seputar artikel religi yang saya beri judul keutamaan orang yang bertaqwa. Mungkin para ulama telah banyak menjelaskan tentang definisi taqwa dengan berbagai gaya ucapan yang berbeda beda. Namun dari berbagai kata yang di ungkapkn maksud dari teqwa itu sendiri adalah satu,yaitu menjalankan segala perintah Nya dan juga menjauhi segala larangan Nya.

Taqwa adalah sebuah pondasi keimanan dari seseorang yang diawali dengan ucapan dua kalimat syahadat. Selain dengan ucapan,seseorang bisa di katakan bertaqwa apabila telah memahami serta mengamalkan makna yang terkandung di dalam dua kalimat syahadat tersebut.Yaitu dengan meyakini bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah,serta menjalankan ibadah hanya kepada Allah Ta'ala dan bukan kepada yang lain.


Seseorang belum bisa dikatakan bertaqwa apabila masih mendahulukan yang menjadi keinginan pribadinya dengan mengikuti hawa nafsunya dari pada kecintaanya kepada Allah dan Rasul Nya. Karena hal itu menunjukan bahwa masih lemahnya keimanan orang tersebut. Ketaqwaan seseorang belum akan terwujud apabila belum bisa menjalankan kewajiban yang terbesar yaitu shalat lima waktu. Karena Shalat adalah merupakan tiang agama islam yang merupakan alat ukur untuk menimbang baik buruknya amalan seseorang.

Seseorang yang berkeinginan untuk bertaqwa,dia harus mewujudkan kesaksiannya terhadap dua kalimat syahadat yang telah di ucapkannya. Yaitu menjadikan Allah sebagai satu satunya yang di ibadahi dan meninggalkan seluruh bentuk perbuatan syirik Karena apabila oang tersebut melakukan perbuatan syirik,walaupun ia telah melakukan ibadah wajib seperti shalat lima waktu,berpuasa di bulan ramadhan maka seluruh ibadahnya tersebut akan sis sia belaka.

Termasuk bagian yang paling penting dari bentuk ketaqwaan seseorang adalah at-tafaqquh fiddin,yaitu dengan bersungguh sungguh mempelajari agama allah. Kewajiban menuntut ilmu ini sangat erat kaitannya dengan taqwa. Dengan semangat menuntut ilmu seseorang akan mengetahui apa yang menjadi perintah Nya dan juga yang menjadi larangan Nya.

Dan yang paling penting untuk kita ketahui bersama bahwa keutaam dari orang yang bertqwa kepada Allah adalah bahwa orang orang yang bertaqwa akan di karuniai furqan,yaitu pertolongan dari Allah. Sealin itu orang yang bertaqwa juga akan diselamatkan oleh Allah dari barbagai bahaya dan akan di beri jalan keluar dari setiap kesempitan yang menimpanya,serta akan di mudahkan rezekinya dan berbagai urusanya.




1 komentar:

Yogie G. Kurniawan said...

mudah2an kita semua jadi orang yang bertaqwa , amin

Post a Comment