Sunday, July 29, 2012

Bertaqwa di Bulan Ramadhan

Puji dan syukur sudah sepatutnya kita panjatkan kepada Allah SWT. Karena sampai dengan saat ini kita masih di beri kesempatan untuk bertemu kembali dengan bulan Ramadhan yang merupakan bulan yang penuh hikmah dan barokah. Sebagai wujud syukur kita kapada Allah,sudah selayaknya kita menjalani ramadhan kali ini dengan se optimal mungkin. Berusaha menghindari kesalahan yang sekacil mungkin,menanamkan tekad yang bulat dalam hati agar di bulan ramadhan kali ini bisa mengantarkan kita menjadi manusia yang lebih bertaqwa.

Dahulu dalam suatu dialog para sahabat bertanya,"ya Rasulullah,apakah taqwa itu?"Beliau menjawab,Taqwa itu ada disini."Beliau menunjuk kearah dadanya dan mengulangi jawaban itu hinga tiga kali berturut turut. Maksudnya adalah ,taqwa itu bersifat bathimiyyah ( abstrak ) dan bersemayam dalam hati,bukan sekedar tampilan fisik yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Dengan kata lain,taqwa itu tidak bisa dinilai sekedar dengan kata kata ataupun perbuatan lahiriyyah seseorang,tetapi lebih kepada sikap batinnya.


Dalam hal ini misalkan saja da dua orang yang melakukan amal perbuatan baik yang sama,tetapi nialai pahalanya berbeda disisi Allah. Orang yang satu bisa saja mendapatkan pahala,sedangkan orang yang lainya malah mendapatkan dosa. Hal ini tergantung tujuan dan cara yang mereka lakukan,apakah meraka ikhlas dalam melakukan amal kebaikan tersebut. Dan apakah motif dari niat melakukan amal perbuatan baik tersebut,apakah niat iklas hanya karena Allah atau ada maksud yang lain.

Oleh karena itulah para sahabat bloger,kita sebagai umat muslim khususnya agar bisa memanfaatkan momen bulan ramadhan ini yang datangnya hanya satu tahun sekali untuk lebih mendekatkan diri diri kepada Allah dan memperbanyak amal perbuatab yang disertai niat hanya karena Allah.Karena hanya di bulan suci Ramadhan ini amal perbuatan baik kita akan dilipat gandakan nilai pahalanya oleh Allah. karena maksud diberikan bulan ramadhan adalah Allah menghendaki agar hambanya bisa lebih bertaqwa seperti yang tertuang dalam firman Nya seperti berikut

 Allah Ta'ala berfirman:"Hai orang orang yang beriman,di wajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa".( Al Qur'an surat albaqarah surat 183 )

2 komentar:

mahfid mayanto said...

mencoba lebih baik di ramadhan ini untuk menyambut ramadhan yang akan datang ..Amiiin semoga Allah berkehendak memberikan umur yang panjang dan barokah nice share ...lanjutkan :D

galedeg said...

wahh dapet siraman rokhani nie.. makasi sobb

Post a Comment