Friday, July 27, 2012

Berkah di Bulan Suci Ramadhan

Bulan Suci Ramadhan adalah masa ketika semuanya menjadi begitu indah. Saat ketika segala pintu kebaikan di buka lebar dan lubang kebutukan ditutup rapat rapat. Bulan suci Ramadhan adalah waktunya ketika amalan sunnah disamakan nila pahalanya dengan amalan wajib. Sedangkan amalan wajib itu sendiri dilipat gandakan nilai pahalanya menjadi 70 kali lipat. Seandainya kita sebagai umat muslim benar benar mengetahui dan menyadari betapa besar nilai pahala yang bisa kita dapatkan di bulan suci ramadhan,niscaya kita akan berharap semua bulan hijriyyah adalah bulan ramadhan.



Namun Allah Ta'ala telah memberikan bulan suci ramadhan hanya satu bulan dalan satu tahun hijriyyah. Dan itulah salah satu ketetapan terbaik buat para hanba Nya. Karena sebagai sang Khaliq,Al-'alim dan Al-Hakim Allah maha mengetahui apa yang terbaik untuk mahlik Nya. Hal ini bisa kita lihat buktinya di bulan suci Ramadhan yang hanya berlangsung selama satu bulan itu Allah telah memberikan satu malam ( lailatul qodr ) yang apabila kita melakukan ibadah di malam tersebut nilai pahalanya lebih baik daripada seribu bulan ketika kita melakukan ibadah di bulan biasa.

Dan menurut beberapa riwayat, malam lailatul qodr itu terjadi pada malam malam ganjil hari sepuluh terakhir di bulan suci ramadhan. Tanda tandanya sih belum pasti tapi konon katannya pada malam laillatul qodr suasanya begitu hening dan dingin sehingga banyak orang yang tertidur dengan pulasnya. Dan pada saat itulah para Malikat pencatat amal kebaikan di turunkan ke bumi. Dan di pagi harinya matahari akan bersinar dengan terang meskipun suhunya tetap sejuk.

Begitulah Allah Ta'ala memuliakan dan mengagungkan bulan suci ramadhan dengan sederet perbuatan amaliah yang begitu istimewa. Selain yang paling utama untuk menjalankan kewajiban ibadah puasa,kemudian amalan sunnahnya melakukan qiyam al-lail ( shalat malam ) atau tarawih,i'tikaf,tadarus Al-Qur'an,memperbanyak sedekah,berbagi makanan untuk berbuka,zakat fitrah dan lain sebagainya. Intinya adalah Allah Ta'ala sengaja memberikan bulan suci Ramadhan sebagai hadiah bagi umat muslim yang ingin meraih derajat yang lebih baik di hadapan Allah atau dengan kata lain untuk menjadikan hamba Nya agar lebih bertaqwa.


1 komentar:

BlogS of Hariyanto said...

selamat beribadah puasa ya sobat...mohon maaf lahir batin :)

Post a Comment